Berita Internasional

 

Dalam jangka 20 tahun, Islam bisa mendominasi Inggris

 
Dalam jangka 20 tahun, Islam bisa mendominasi Inggris

Populasi Muslim di Inggris berkembang pesat. Islam diperkirakan akan mendominsi dan mengambil alih posisi Kristen dalam 20 tahun ke depan, lapor The Washington Times.

Keseluruhan penduduk Inggris dan Wales meningkat sebanyak 3,7 juta orang selama 2001-2011, namun jumlah orang yang mengatakan bahwa mereka adalah orang Kristen mengalami penurunan. Sementara itu, populasi Muslim tumbuh sebanyak 1,2 juta orang.

Pemeluk Kristen memiliki profil usia tertua pada tahun 2011, sementara Muslim merupakan pemeluk agama termuda di antara semua kelompok agama. Hampir setengah dari Muslim di Inggris masih berusia di bawah 25 dan hampir 90% berusia kurang dari 50 tahun.

Faktor lain yang penting dalam studi ini menunjukkan bahwa umat Islam lebih beragam dari pada Kristen. Lebih dari 2/3 populasi Muslim Inggris berasal dari Asia dan 10% dilaporkan sebagai Muslim kulit hitam/Afrika/Karibia/Black British.

Di banyak gereja di seluruh Inggris sebagian besar jemaatnya sudah berusia di atas 60 tahun. Kristen bisa menjadi minoritas dalam dekade berikutnya. Inggris akan mengalami perubahan besar dalam identitas nasional yang akan mempengaruhi mereka secara kultural, politik, ekonomi dan agama ketika penduduk Inggris kulit putih menjadi minoritas.

Transformasi etnis yang tersirat dalam tren saat ini akan menjadi perubahan besar dan tidak dapat diubah dalam masyarakat Inggris, hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam milenium ini. (banan/arrahmah.com)